Berita Terkini Ekonomi Dunia

Menyajikan Kumpulan Berita Terbaik Berdasarkan Fakta dan Data

Apa Sih Virus Corona itu?

Virus Corona atau yang lebih dikenal dengan nama Covid – 19 adalah jenis virus baru dari coronavirus yang dapat menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja mulia dari bayi, anak- anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil dan ibu menyusui.

Virus yang disebut Covid – 19 ini ditemukan pertama kali di kota Wuhan, Cina pada akhir desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan juga telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara termasuk juga Indonesia.

Gejala yang ditimbulkan dari Virus Corona ini dapat menyebabkan penderita mengalami seperti gejala flu, demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala dan juga gejala penyakit infeksi pernapasan berat seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan bisa juga berdarah, sesak napas dan ada rasa nyeri di dada.

Namun jika secara umum ada 3 gejala yang bisa menandakan orang tersebut terinfeksi virusu Corona yaitu seperti, demam diatas 38 derajat Celsius, batuk dan sesak napas. Menurut penelitian gejala virus Corona ini muncul dalam waktu 2 hari atau sampai 2 minggu setelah terpapar covid – 19.

Kita harus segera memeriksakan diri ke dokter apa bila mengalami secara langsung gejala – gejala virus Corona seperti yang disebutkan di atas apalagi jika gejala itu muncul dalam waktu 2 minggu. Apabila mungkin terkenan virus Corona namun tidak menunjukan gejala apapun, tidak perlu pergi memeriksakan diri ke rumah sakit hanya perlu tinggal dirumah saja selama 2 minggu atau 14 hari dan juga membatasi kontak dengan orang lain.

Penyebab virus Corona atau Covid – 19 disebabkan oleh sekelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan manusia. Sebagian besar kasus virus Corona ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang yaitu seperti flu.

Namun virus ini juga dapat menyebabkan infekasi pernapasan yang berat seperti Mers (Middle-East Respiratory Syndrome), Sars (Serve Acute Respiratory Syndrome), dan pneumonia. Ada juga yang menduga bahwa virus Corona ini awalnya ditularkan dari hewan ke manusia, namun kemudian virus ini dapat menular juga dari manusia ke manusia lainnya.